Film oblivion

Sinopsis Lengkap Film Oblivion(mengandung spoiler)

Dikisahkan di film Oblivion (2013), bahwa bumi sudah hancur karena gempa bumi dan tsunami serta serangan alien yang membuat bulan hancur dan menyebabkan bumi tidak bisa ditinggali oleh manusia. Beberapa daerah tertentu bahkan terdeteksi mengandung radiasi yang tinggi. Semua manusia yang masih tersisa kini hidup di Titan, salah satu satelit Saturnus.

Jack Harper (Tom Cruise) bersama  Victoria Olsen/Vika (Andrea Riseborough) yang merupakan manusia tersisa dari tragedi 60 tahun lalu kini bekerja untuk menyelesaikan misi dari Sally, komando pengawas yang tinggal di Tet. Setiap harinya mereka sibuk untuk memperbaiki drone yang setiap malam selalu dirusak oleh musuh.

Suatu hari Jack menemukan ada sinyal yang dikirim ke luar angkasa dari sebuah menara dan mengarah ke suatu titik koordinat tertentu. Vika memberitahu bahwa ada pesawat jatuh di sana dan Jack pergi untuk menyelidikinya.

Ternyata itu adalah sebuah pesawat manusia dan di dalamnya masih ada awak yang selamat. Sayangnya, hanya satu saja yang dapat diselamatkan oleh Jack yaitu seorang wanita bernama Julia (Olga Kurylenko). Sedangkan yang lainnya tewas dibunuh oleh drone penjaga.

Pertemuan mereka membuka kembali ingatan Jack akan seorang wanita yang selalu muncul di mimpinya. Perlahan-lahan Jack mulai mengingat kembali perang ketika sedang melawan alien 60 tahun yang lalu. Dan mereka juga menemukan rekaman tentang perjalanan pesawat masa lalu. Jack pun mengerti bahwa sebenarnya ia sedang bekerja untuk alien dan malah melawan manusia yang selama ini dianggapnya sebagai musuh. Sementara Julia adalah istri yang ia cintai.

Ketika kembali ke rumah, Jack malah ditangkap oleh alien dan Vika yang sudah terlanjur marah membuat keadaan semakin buruk. Jack lari bersama Julia dengan pesawat pengawas. Mereka berhasil selamat dan bertemu dengan Beech (Morgan Freeman) serta beberapa manusia lain yang selamat.

Selama 60 tahun Beech bersama rekan-rekannya bersembunyi dan berusaha menemui Jack tapi baru rencana menjatuhkan pesawat dengan berisi Julia-lah yang berhasil. Alien telah mengkloning Jack menjadi beberapa orang. Bahkan Jack sudah pernah bertemu dengan salah satunya.

Oblivion

Rencana Beech selanjutnya adalah mengirim bom dengan meminta bantuan Jack untuk memperbaiki salah satu drone penjaga yang ditangkap mereka. Sayang rencana itu gagal.

Jack memutuskan untuk menyerahkan diri ke Sally dan membawa Julia sebagai umpan. Karena Sally menginginkan Julia untuk dikloning sebagai alatnya. Misi membawa bom bunuh diri oleh Jack dan Beech pun berhasil. Tet pun hancur bersamaan dengan itu, semua drone penjaga yang siap menyerang manuisa berjatuhan dan mati. Sementara Julia dikirim oleh Jack ke rumah rahasia yang indah ketika sedang tidur si dalam kapsul.

3 Tahun kemudian. Julia bersama anak perempuannya sedang berada di kebun depan rumah ketika serombongan manusia yang selamat datang. Jack 52 tersenyum dan mengatakan jika ia selama ini sibuk mencarinya.

Kesan Setelah Menonton Oblivion

Film Oblivion dibuat berdasarkan novel grafis karya Joseph Kosinki berjudul sama tapi batal diterbitkan. Dibintangi aktor tampan Tom Cruise, Olga Kurylenko, Andrea Riseborough dan Morgan Freeman. Mengambil latar belakang bumi di tahun 2077, film ini menghadirkan visualisasi yang menarik. Dari awal hingga akhir efek visual yang dihadirkan sungguh menakjubkan.

Buat aku ceritanya cukup menarik untuk diikuti, sedikit menegangkan ketika Jack diserang oleh sekumpulan makhluk misterius yang tak terlihat. Sayangnya, adegan kerumitan kisah cinta antara Jack, Julia dan Vika hanya dihadirkan sekilas. Oke, aku mengerti ini film tentang perang melawan alien yang tak terlihat, bukan film drama romantis.

Kehadiran Julia boleh dianggap sebagai gebrakan dalam kehidupan Jack termasuk mengungkap siapa dia sebenarnya. Makhluk kloning yang masih punya sedikit ingatan dan cinta untuk istrinya Julia. Tapi nggak diceritakan bagaimana Julia tiba-tiba punya anak dan kebingungan Jack untuk mencari jejak Julia selama 3 tahun?

Kehidupan manusia yang tersisa setelah perang juga tidak diceritakan. Bagaimana mereka bisa bertahan dan bersembunyi selama 60 tahun menghadapi robot-robot drone yang setiap saat membunuh makhluk hidup yang ditemui.

Tentang Pemain: 

Resensi oblivion

Aku suka sama akting Tom Cruise yang mendalami perannya sebagai Jack, seorang laki-laki yang dikloning dan dihapus memorinya namun masih teringat pada istrinya. Untuk Andrea Riseborough juga bagus sekali memerankan tokoh Vika yang digambarkan sebagai wanita yang tak berperasaan namun menangis juga ketika menyadari Jack pergi bersama Julia.

Di sini aku juga suka dengan Morgan Freeman, ia selalu jadi tokoh kunci di hampir semua film yang dimainkannya. Untuk peran Julia yang dimainkan oleh Olga terkesan biasa saja.

Judul Film: Oblivion
Sutradara: Joseph Kosinki
Produser: Joseph Kosinki, Peter Chernin, Ryan Kavanaugh, Dylan Clark, Barry Levine
Skenario: Joseph Kosinki, William Monahan, Kari Gajdusek, Michael Arndt
Pemeran: Tom Cruise, Olga Kurylenko, Andrea Riseborough, Morgan Freeman, Melissa Leo, Nikolac Coster-Waldau
Perusahaan produksi: Radicak Studios, Chernin Entertainment, Relativity Media, Ironhead Studios, Truenorth Productions
Distributor: Universal Pictures
Tanggal rilis: 19 April 2013
Durasi: 124 menit

Sumber Informasi:

Film Oblivion yang tayang di GTV
https://id.wikipedia.org/wiki/Oblivion_(film_2013)

Gambar: 

https://www.whatleydude.com/2013/04/review-oblivion/
Tribunnews.com
Cinemelodic.es