Jasa penerjemah tersumpah

Mendengar kata penerjemah, pasti bayangan kita akan tertuju pada sebuah kegiatan mengalihbahasakan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Siapa saja bisa menjadi penerjemah, asalkan memiliki kemampuan berbahasa yang baik. 

Tetapi tidak dengan jasa penerjemah tersumpah, karena tugasnya bukan sekedar menerjemahkan bahasa. Ada tugas lain yang harus diemban dan hal-hal yang wajib dilakukan. 

Nah, apa itu pengertian jasa penerjemah tersumpah? Mari simak artikel berikut ini! 

Pengertian dan Tugas Jasa Penerjemah Tersumpah

Bagi kita, orang awam pasti merasa kebingungan mendengar istilah penerjemah tersumpah. Apa bedanya dengan penerjemah biasa? 

Yang membedakan penerjemah tersumpah dengan seorang penerjemah biasa ada pada prosedur yang harus dilalui sebelum menjadi seorang penerjemah tersumpah. Ia harus melalui berbagai macam tes kualifikasi dan harus lolos dengan nilai minimum 80. 

Setelah lulus kualifikasi, baru kemudian diberi sertifikat resmi yanh dikeluarkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia. Tak sampai di situ, mereka harus disahkan pengukuhannya oleh Gubernur DKI Jakarta. 

Barulah seorang penerjemah tersumpah bisa membuka layanannya secara resmi. Jadi karena telah melalui serangkaian tes, kualitas mereka sudah tidak bisa diragukan lagi. 

Perbedaan lainnya, adalah pada bidang terjemahan yang dikerjakan. Penerjemah biasa mengerjakan terjemahan yang tidak berhubungan dengan legalitas, seperti buku, film atau produk lainnya. Sedangkan penerjemah tersumpah menggarap dokumen-dokumen penting yang membutuhkan legalitas. 

Tugas dari Jasa Penerjemah Tersumpah 

Jasa penerjemah tersumpah bukan hanya sekedar menerjemahkan dokumen biasa. Mereka memiliki tanggung jawab lebih atas dokumen yang diterjemahkan. Apa saja? 

1. Harus bertanggung jawab dengan menerjemahkan sebuah dokumen seakurat mungkin. 

2. Bertanggung jawab atas kerahasiaan data yang diterjemahkan dan tidak menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan isi dari dokumen.

3. Memberikan jaminan bahwa data-data rahasia klien yang diterjemahkan tersimpan aman. Bila melanggar maka lisensi dan sertifikat kualifikasinya dapat dicabut serta bisa dibawa ke jalur hukum.

4. Bersedia melakukan revisi jika ada kekeliruan atau dirasa terjemahannya kurang pas. 

5. Meminta legalisir atas dokumen yang sudah diterjemahkan ke kedutaan besar. 

6. Mengirim hasil terjemahan dalam bentuk soft-copy atau hard-copy sesuai dengan permintaan klien. 

Jenis-jenis Dokumen yang Diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah 

- Dokumen pribadi, seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat keterangan domisili, akta lahir, dll. 

- Dokumen akademis, ijazah, transkrip nilai, piagam penghargaan, dll.

- Dokumen finansial, laporan keuangan, form perusahaan, form pajak, ─║aporan audit, dll.

- Dokumen legal, akta pendirian, SIUP, dll.

- Dokumen teknikal, Standar Operasional Prosedur (SOP), dan lain sebagainya. 

Tips Memilih Jasa Penerjemah Terpercaya 

Sebelum mempercayakan dokumen ke seorang penerjemah tersumpah, maka kita harus berhati-hati agar tidak menyesal kemudian. Perhatikan hal-hal berikut: 

1. Apakah penyedia jasa penerjemah tersumpah yang dipilih sudah memiliki legalitas dari pemerintah? Ketahui alamat kantor, website, e-mail, telepon dan baca testimoninya. Apakah pelayanannya bisa dipercaya? 

2. Perhatikan besaran biaya. Tanyakan juga prosedur pengiriman dan hal-hal lainnya sebelum menyerahkan dokumen penting. 

3. Tanyakan juga berapa lama yang diperlukan oleh seorang jasa penerjemah untuk mengerjakan tugasnya. Jangan sampai melebihi batas waktu yang kamu miliki dalam menyiapkan dokumen. 

Layanan Terjemahan Dokumen Online di Universitas123

Buat kita yang membutuhkan dokumen dalam bahasa asing kini tak perlu bingung mencari jasa penerjemah tersumpah. Selain menyediakan informasi mengenai beasiswa dan kampus di luar negeri, Universitas123 juga menyediakan layanan terjemahan dokumen online. Nggak ribet, cepat, murah dan pasti aman. 

Alasan kenapa harus menggunakan jasa Penerjemah Tersumpah Universitas123 adalah biaya murah mulai dari Rp. 45.000,- per lembar. Bebas biaya kirim untuk dokumen di atas 5 lembar. Durasi pengerjaan cukup cepat, hanya 2-3 hari kerja. Praktis karena bisa daftar kuliah dan terjemahkan dokumen yang diperlukan di satu tempat. Dan tentunya Universitas123 ini memiliki penerjemah tersumpah yang bersertifikat. 

Profil Singkat Universitas123

Tak perlu ragu menggunakan jasa Penerjemah Tersumpah Universitas123, sebab Universitas123 ini merupakan platform pendidikan yang menyediakan kumpulan informasi mengenai beasiswa dan universitas dalam maupun luar negeri. 

Visinya adalah, aplikasi daftar kuliah nomor 1 di Indonesia dan misinya, memberikan akses mudah dalam mencari universitas dan beasiswa. Selain informasi tersebut, Universitas123 menyediakan berbagai fitur dan layanan seperti daftar kuliah, pembayaran internasional, pengurusan visa, terjemahan dokumen online, kartu SIM internasional, dan berbagai macam tes seperti tes minat bakat, dan lainnya. 

Untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai jasa penerjemah tersumpah bisa mengunjungi website Universitas123.com atau download aplikasinya di Google Playstore. 


19 Komentar

  1. aku pernah menggunakan jasanya untuk mengubah transkrip nilai dari kampus untuk keperluan beasiswa dan memang harus dengan penterjemah tersumpah. Untung bisa menemukan orangnya

    BalasHapus
  2. Keren nih, Kak. Baru tahu, lo, ada profesi penerjemah yang ternyata harus disumpah untuk mengerjakan dokumen-dokumen rahasia.

    BalasHapus
  3. Dulu pas lulus kuliah Sastra Inggris, aku nggak ngerti kalau ada yang namanya Jasa Penerjemah Tersumpah. Setelah terjun ke dunia literasi dan masuk juga ke grup penerjemah, baru tahu kalau ada penerjemah tersumpah ini. Memang jadi lebih dipercaya kalau dah punya legalisasi sebagai penerjemah. Tentunya secara harga pun jasanya jadi beda.

    BalasHapus
  4. Saya oernah pakai penerjemah tersumpah. Dulu, ketika akses internet masih terbatas nggak banyak yang posting tentang penerjemah tersumpah jadi harus tanya2 sama orang yang punya link. Sekarang sudah mudah diakses ya apalagi ada grup FB HPI

    BalasHapus
  5. Baru tau profesi penerjemah tersumpah ini. Mungkin mirip kayak profesi lain yg harus ada sertifikasinya ya supaya bisa diakui keahliannya juga.

    Aku belum pernah pakai jasa penerjemah tersumpah sih, tapi yang aku tau emang kalo dokumen resmi biasanya pakai jasa ini

    BalasHapus
  6. Setiap pekerjaan ada tanggungjawab yang menyertainya, begitupun dengan jasa penerjemah tersumpah ini ya mba. Kudu bisa amanah menjaga rahasia klien.
    Baru ngeh ternyata sekarang ada Universitas123 yang memberikan informasi lengkap tentang beasiswa. Keren.

    BalasHapus
  7. Saya baru mengenal istilah jasa penerjemah tersumpah. Ternyata levelnya memang paling kualified ya Mbak.. Ini pentingbanget diketahui oleh yang butuh translator untuk berkas penting.

    BalasHapus
  8. aku pernah pakai jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan transkip nilai untuk internship ke Jepang dulu.. hasilnya memang lebih akurat, resmi dan terpercaya. Tapi harganya pastinya cenderung lebih mahal ya

    BalasHapus
  9. mau nih menggunakan jasa layanan terjemahan, prosesnya tuh cepet ya, jd gak rempong kerjain sendiri. Hehe

    BalasHapus
  10. betul mbak, saya pertama kali baca judulnya agak bingung, apa itu penerjemah tersumpah. Ternyata itu merupakan profesi yg lebih ekspert dari penerjemah biasa ya mbak

    BalasHapus
  11. Ternyata jadi penerjamah susah juga ya. Ada sumpah dan banyam tugasnya

    BalasHapus
  12. rekomendasiin banget nih Universitas123 kalau ada kerjaan yang job desknya semacam whitepaper gitu pake bahasa inggris

    BalasHapus
  13. jadi penerjemah tersumpah ini tanggung jawabnya sangat tinggi ya tapi sebanding dong dengan yang didapatkan.

    BalasHapus
  14. Menjadi penterjemah tersumpah artinya menjadi pihak terpecaya dimana pada prakteknya harus memegang teguh sumpahnya yg tertera didalam SK Penerjemah. Sebuah profesi yg penuh loyalitas tinggi

    BalasHapus
  15. Wow, profesi yang sangat menarik sekali yaa..
    Jangan sampai rahasia terjemahan dokumen penting tersebar.
    Penerjemah tersumpah harus jauh-jauh dari medsos.

    BalasHapus
  16. Emang keberadaan penerjemah tersumpah ini sangat membantu orang yang berkepentingan dengan berkas yang harus dalam bentuk terjemah bahasa asing.

    BalasHapus
  17. wah ada ya ternyata, jadi gak asal hasil terjemahannya, dijamin lebih akurat ya kalau begini :) penting sih apalagi buat dokumen-dokumen krusial ya

    BalasHapus
  18. baru tau juga kalau ada jasa yang sifatnya tersumpah gini yaa.. jadi biar akurasinya bisa kita pegang juga. saya sendiri belum pernah pakai jasanya, kak. tapi makasi buat referensinya ya

    BalasHapus
  19. Wah, infonya lengkap Kak. Saya jadi ngerti banyak hal tentang jasa penerjemah tersumpah ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon maaf komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam dan link hidup.