Sinopsis unstoppable 2010

Film Unstoppable merupakan film bergenre thriller action Amerika yang rilis tahun 2010. Dibintangi oleh Denzel Washington, Chris Pane, Rosario Dawson, Meagan Tandy dan Ethan Suplee. Bercerita tentang misi yang mustahil, yaitu berburu kereta api yang berjalan sendiri sambil membawa bahan kimia berbahaya di gerbong-gerbongnya. Seperti apa ketegangan dalam film ini? 

Review Film Unstoppable 

Di awal film, sangatlah tidak menarik untuk disimak. Jujur saja, aku baru memfokuskan diri menonton saat kereta mulai jalan sendiri tanpa awak dan semakin tegang di pertengahan hingga film berakhir. 

Awal mulanya ada teknisi yang sedang memeriksa kereta api barang yang akan diberangkatkan. Kereta itu akan membawa 39 gerbong yang 8 gerbongnya berisi muatan kimia berbahaya. Sadar bahwa jalur rel belum berubah, si petugas berniat untuk memindah jalur secara manual. Ia pun turun dari lokomotif namun ia tergelincir dan terlambat merubah jalur. 

Kereta api pun berjalan tanpa awak memasuki jalur utama dan bergerak semakin cepat dengan kecepatan penuh! Tentu saja hal ini membuat Connie (Rosario Dawson), petugas di stasiun pusat yang mengatur jalur kereta langsung panik. Ia menghubungi wakil direktur perusahaan kereta, Oscar Galvin (Kevin Dunn) untuk meminta izin menggulingkan kereta di daerah sepi pemukiman, namun usulan tersebut ditolak mentah-mentah karena tidak mau merugi. 

Review film unstoppable 2010

Galvin memiliki rencana untuk menaruh lokomotif di depan kereta api dan menempelkannya supaya laju kereta bisa melambat. Saat kereta berkurang kecepatannya, maka dari atas akan diturunkan masinis untuk mengendalikan kereta. Tapi upaya tersebut gagal serta menewaskan masinis akibat lokomotif yang tergelincir dan meledak. Masinis yang akan diturunkan dari helikopter juga terluka akibat menabrak gerbong. 

Rencana lanjutan pun dilancarkan mulai dengan memberi ganjalan pada rel, menembaki ban dengan peluru namun semuanya gagal. Kereta api semakin cepat melaju mendekati tikungan tajam Stanton yang di bawahnya ada pabrik gas terbesar di kota itu, kelokan itu mustahil dilewati kereta panjang dengan kecepatan penuh. Mereka harus mencari cara lain untuk menghentikan kereta atau akan terjadi ledakan yang sangat besar. 

Sementara di jalur yang sama, ada sebuah kereta berisi 2 awak, Frank Barnes (Danzel Washington) seorang masinis senior yang akan pensiun dan Will Colson (Chris Pane) seorang kondektur muda yang baru pertama bekerja. Mereka hampir saja bertabrakan dengan kereta AMVR-777 dan melihat ada peluang untuk melekatkan lokomotif di bagian belakang kereta. 

Mereka pun berbalik mengejar kereta dan berusaha memperlambat kereta dengan rem lokomotif yang mereka dinaiki. Galvin menolak misi berbahaya itu tapi Connie mendukung rencana tersebut. Berhasilkah mereka atau bernasib sama seperti masinis sebelumnya? 

Diangkat dari Kejadian Nyata 

Setelah menonton film Unstoppable ini, aku langsung bertanya-tanya apakah kisah ini terjadi dalam kehidupan nyata atau fiksi belaka? Dan ternyata benar, film ini dibuat berdasarkan peristiwa nyata yang terkenal dengan nama "Crazy Eights" tahun 2001 saat lokomotif EMD SD40-2 dengan nomor seri CSX 8888 melaju tanpa awak di daerah Ohio, Amerika Serikat. 

Kisah nyata ini memberikan inspirasi pada sutradara Tony Scott untuk menggarap film Unstoppable yang berdurasi 1 jam 38 menit. 

Kesan Setelah Menonton Film Unstoppable 

Meski bercerita tentang misi menghentikan kereta api yang menegangkan, sutradara tak lupa memasukkan unsur-unsur drama yang menguatkan karakter dua tokoh utama, yaitu Frank dan Will. 

Diceritakan bahwa Will sedang mengalami konflik dengan istrinya, dan Frank tidak bisa menghadiri acara ulang tahun putrinya. Namun kejadian itu, menarik perhatian keluarga mereka dan ikut cemas menantikan kabar terbaru tentang misi tersebut.

Jadi, untuk kamu yang suka film penuh ketegangan. Unstoppable sangat menarik untuk ditonton, jangan lupa untuk menyiapkan cemilan juga ya! 


Genre: Action, thriller
Sutradara: Tony Scott
Produser: Julie Yorn, Tony Scott, Mimi Rogers, Alex Young
Ditulis oleh: Mark Bomback
Pemeran Utama: Denzel Washington, Chris Pane, Rosario Dawson
Distributor: 20th Century Fox
Rilis: Oktober 2010







3 Komentar

  1. Di simpen dulu Mbak,
    Ada waktu luang baru nonton :)

    BalasHapus
  2. Kalo di negeri kita langsung dibilang kereta hantu nih.

    Btw aku udah nonton jg filmnnya. Emang seru

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon maaf komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu untuk menghindari komentar spam dan link hidup.