Ada banyak film yang mengangkat kisah nyata di mana tokoh utamanya mengalami suatu penyakit yang mematikan. Sebut saja, I am Hope, Surat Kecil untuk Tuhan, Jejak Cinta atau Terima Kasih Cinta.

Kadang-kadang nama penyakit yang disebutkan dalam film itu masih terasa asing bagi kita. Bagaimana gejala awal, penyebab dan cara pengobatan biasanya tak diceritakan secara detail dalam film karena biasanya yang diangkat adalah cerita perjuangannya. 

Beruntung kini ada SehatQ.com, sebuah situs kesehatan terpercaya yang bisa menjawab rasa ingin tahuku tentang berbagai penyakit disertai artikel-artikel kesehatan. 

Tentang SehatQ.com, Platform Berisi Informasi Kesehatan Terlengkap 

SehatQ.com merupakan platform kesehatan yang memberikan informasi lengkap yang jelas dan terpercaya. Dikelola oleh tim editor yang andal dan terbaik. Situs kesehatan ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh lewat HP berbasis iOS maupun Android. 

Di sini kita bisa menemukan beragam informasi kesehatan dengan fitur yang lengkap, mulai dari chat dokter, booking dokter, artikel, tindakan medis, toko obat, rumah sakit, penyakit hingga promo.

Manfaat Menambah Wawasan Mengenai Sebuah Penyakit di SehatQ.com

Berita mengenai kematian Julia Perez akibat Kanker Serviks cukup mengejutkan. Perlu diketahui bahwa penyakit kanker merupakan penyakit kanker kedua, yang menyebabkan kematian bagi wanita di Indonesia. 

Kebanyakan pasien baru datang ke dokter setelah gejalanya sudah makin parah dan kanker sudah dinyatakan masuk ke stadium tinggi. 

Minimnya pengetahuan tentang gejala awal penyakit ini menyebabkan tingkat kematian pasien kanker di Indonesia masih tinggi. Padahal penyakit kanker serviks ini dapat dicegah dan diobati jika sudah terdeteksi sejak dini.

Terkadang kurangnya informasi yang benar mengenai sebuah penyakit, membuat kita jadi ketakutan dan was-was. Apalagi jika gejala yang timbul dari suatu penyakit mirip dengan penyakit lainnya. 

Salah satu keluhan yang sering dikhawatirkan pada wanita adalah keputihan. Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina, umumnya berwarna putih bening, agak kental bisa juga sedikit berair dan tidak berbau. Fungsinya adalah melindungi vagina dari iritasi, infeksi, melembapkan dan membersihkan vagina. 

Namun menjadi tidak normal jika keputihan itu disertai dengan keluhan lain. Misalnya nyeri, gatal dan sensasi terbakar pada vagina. 

Tanda keputihan abnormal adalah jika cairan yang keluar berwarna kuning, hijau dan berbau tidak sedap. Seringnya jika seorang wanita mendapatkan gejala ini, di langsung mem-vonis dirinya terkena kanker serviks. Padahal keputihan ini bisa dikarenakan faktor yang lain. 

Bagaimana cara mengetahui gejala awal suatu penyakit dengan tepat? 

Pada situs atau aplikasi SehatQ.com terdapat sebuah daftar nama-nama penyakit yang sangat lengkap. Di sana kita bisa menemukan beragam nama penyakit dari awalan huruf A sampai Z. 

Tak cuma namanya saja, kita bisa mendapat informasi lengkap tentang definisi, gejala, komplikasi, cara penanganan di rumah, apa yang akan dilakukan dokter hingga apa saja yang perlu disiapkan calon pasien ketika akan bertemu dokter. 

Jadi kita bisa mendapatkan gambaran lengkap yang akan dilakukan oleh dokter dalam menangani gejala sebuah penyakit. Dengan demikian mendatangi dokter untuk berkonsultasi tidak lagi menjadi hal yang menakutkan. 

Cara Menggunakan Direktori Penyakit Pada SehatQ.com

Banyak juga film-film yang sudah mengangkat tema ini, misalnya Jejak Cinta. Penyakit yang disoroti pada film itu adalah kanker serviks. Ketakutan sang tokoh utama membuatnya tidak berani membuka surat diagnosa dokter. 

Seandainya dia memakai SehatQ.com sebelum ke dokter pasti dirinya lebih tenang saat konsultasi dengan dokter. 

Direktori penyakit di sehatQ

Bagaimana cara mencari info penyakit di SehatQ.com? 

Pertama, buka dulu situs SehatQ.com di www.sehatq.com atau bisa install aplikasinya dulu di smartphone.

Kedua, pilih menu/fitur penyakit lalu ketikkan nama penyakit yang ingin diketahui pada kolom pencarian atau pilih salah satu huruf A-Z. 

Di sana akan muncul beberapa hasil pencarian, kemudian klik salah satu penyakit yang sedang ingin kita gali informasinya.

Kelebihan Fitur Daftar Penyakit SehatQ.com 

Lalu apa saja kelebihan dari fitur penjelajahan nama-nama penyakit yang ada di SehatQ.com? 

1. Daftar lengkap 

SehatQ mempunyai daftar nama penyakit yang sangat lengkap. Ada 1200 jenis penyakit yang terdaftar. 

2. Ada infografis yang menarik

Tak hanya berupa tulisan, SehatQ menyediakan infografis menarik yang memudahkan penggunanya mendapat info mengenai penyakit.

3. Mudah digunakan

Tinggal pilih A-Z atau ketik di kolom pencarian maka daftar atau nama penyakit yang ingin dibaca dan dipahami akan muncul. 

4. Ditulis secara sederhana

Meski membahas penyakit dan medis, bahasa yang dipakai dalam platform kesehatan terlengkap ini sangat mudah dipahami oleh orang awam. 

5. Saran di setiap pembahasan

Selain definisi penyakit, kita juga diberi informasi cara menangani dan apa yang akan dokter lakukan dalam menangani penyakit tersebut. Tindakan medis dan obat yang akan diberikan oleh dokter akan dijelaskan secara sederhana. 

6. Ditulis oleh tim dokter dan editor andal

Tidak heran jika informasi SehatQ.com sangat lengkap karena setiap artikel sudah melewati tahap moderasi yang ketat. Dan ada tim editorial yang berlatar belakang dunia kesehatan sehingga semua informasi yang ada bebas hoaks dan dapat dipertanggungjawabkan.

7. Fitur pendukung lainnya

Selain daftar penyakit, SehatQ.com menyediakan fasilitas lain seperti chat dokter, artikel kesehatan, info obat, toko dan fitur booking dokter. 

Lebih detailnya kamu kunjungi saja situs www.sehatq.com atau lewat aplikasi. Jangan lupa mengikuti SehatQ di media sosialnya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Facebook: SehatQ
Twitter: @sehatq
Instagram: @sehatq_id

0 Komentar