Kolaborasi suami istri memasak

Kegiatan memasak sudah menjadi rutinitas kita setiap hari, terutama bagi ibu rumah tangga. Menyediakan hidangan sehat dan bergizi di tengah keluarga itu merupakan anugerah yang patut disyukuri. Apalagi jika para suami juga mau berperan serta di dalamnya. 

Suami Istri Masak Bareng, Mungkin Nggak Sih? 

Buat sebagian masyarakat, mungkin masih menganggap tabu jika melihat ada suami-suami yang mau terjun ke dapur. Sang istri bisa dianggap kurang pandai mengurus rumah tangga. Bahkan ada yang sampai berpendapat, harkat dan martabat laki-laki bisa turun saat memasak nasi. Para suami hanya berperan sebagai pencari nafkah. 

Pandangan semacam ini tentu saja menyudutkan kaum wanita yang diharuskan menguasai pekerjaan rumah tangga sendiri. Padahal menikah dan mengurus rumah tangga seharusnya bisa dikerjakan bersama, termasuk urusan di dapur.

Namun pandangan ini ditepis oleh pasangan artis, Titi Kamal dan Christian Sugiono. Mereka ternyata suka masak bareng. Kabarnya, Mas Tian ini suka sekali membantu Mba Titi Kamal memasak di dapur lho! Tak heran jika Kecap ABC menjadikan mereka sebagai Brand Ambassador. 

Melalui hashtag #SuamiIstriMasak di media sosial, pasangan ini mendukung para suami istri untuk masak bersama. Kampaye #SuamiIstriMasak merupakan salah satu program yang diadakan oleh Kecap ABC sejak 2018. 

Apa Jadinya Kalau Suami Mau Ikut Masak? 

Para istri mungkin bakal menjawab, tidak usah, pasti bikin dapur lebih hancur, cucian jadi banyak, dll sewaktu ditanya, "apakah mau dibantu oleh suami masak di dapur?"

Iya, kan? 

Aku juga bakal berkata yang sama kok! Karena aku mengalami sendiri saat suami masak, malah bikin dapur jadi jauh berantakan ketimbang saat aku masak sendiri. 




Tapi setelah melihat video yang ditayangkan di Youtube ini. Pandanganku jadi berubah. Tulisan ini juga terinspirasi dari video Kecap ABC. Ternyata kegiatan suami istri masak di dapur itu banyak manfaatnya, terutama jika mempunyai anak laki-laki. Mau tahu apa saja manfaatnya? 


Manfaat Suami Istri Masak Bersama di Dapur

1. Bikin Istri Jadi Lebih Bahagia

Jujur saja, para istri itu senang jika para suami mau turun tangan membantu urusan rumah tangga. Setelah seharian penuh bergulat dengan pekerjaan rumah tangga yang tiada akhir, keberadaan suami yang mau menyapu teras saja sudah jadi air sejuk di tengah gurun pasir. Apalagi jika mau membantu di dapur. 

Percaya deh, para suami-suami, istri kalian akan jadi lebih sering tersenyum dan bahagia saat kalian mau ikut membantu di dapur. 

2. Memperkuat Hubungan 

Memasak bersama di akhir pekan bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa memperkuat hubungan suami istri. Terutama jika keduanya sama-sama sibuk bekerja dan jarang menghabiskan waktu berduaan. 

Meskipun memasak itu biasanya menjadi rutinitas seorang istri, tak ada salahnya jika suami turut serta memasak. Memotong daging, ayam atau memarut kelapa bisa dikerjakan bersama-sama. Pekerjaan memasak jadi terasa lebih ringan, dan quality time bisa terbentuk tanpa ada gangguan gadget atau HP. 

3. Menjadi Lebih Sehat

Secara pribadi, aku lebih suka makan masakan sendiri daripada beli di luar. Selain bisa memasak sesuai selera sendiri, keamanan pangan juga lebih terjamin. Kita tahu bahan-bahan apa saja yang masuk dalam masakan, dan mengetahui secara pasti bagaimana masakan itu diolah. 

Dengan sering memasak bersama pasangan, menjadikan tubuh lebih sehat dan keuangan juga lebih hemat. 

4. Edukasi Kesetaraan Gender di Rumah

Siapa bilang memasak menjadi tugas bagi perempuan? Di zaman sekarang, banyak kaum pria berkecimpung di dunia masak-memasak. Tidak sedikit juga yang menjadi ahli dengan berprofesi sebagai koki. 

Pandangan perempuan hanya berurusan di dapur, sumur dan kasur bisa dipatahkan dengan memberikam teladan bagi anak-anak. Di mana ayah mereka juga mau terlibat dalam pekerjaan dapur. Secara tidak langsung, edukasi kesetaraan gender telah diaplikasikan dalam kehidupan di rumah. 

Pengalaman mereka di masa kecil bisa menjadi modal dasar saat anak memasuki kehidupan pernikahan di masa depan. Dan menanamkan mindset bahwa di dunia ini tidak ada istilah pekerjaan perempuan atau laki-laki, semuanya sama. 


Ide Resep Masakan yang Bisa dibikin Bareng Pasangan 

Jika kamu dan pasangan masih bingung mau masak apa, berikut ide masakan yang bisa kamu intip. 

1. Nasi Goreng 


Semua orang pasti bisa bikin nasi goreng. Nah, sebagai awal untuk memulai masak bareng suami, menu nasi goreng bisa jadi andalan. Selain mudah dan praktis, nasi goreng juga mudah dimodifikasi dengan berbagai macam bahan mentah seperti, pete, udang, ayam, telur, sosis dan masih banyak lagi.

2. Ayam Kecap 

Ayam kecap ABC
Ss YouTube Kecap ABC


Menu kedua yang tak kalah praktis ada Ayam Kecap. Tak butuh banyak bahan dan aneka bumbu. Masakan ini sangat mudah dimasak dan cukup cepat matang. Memasak bersama suami jadi jauh lebih menyenangkan.

3. Tongseng dan Sate 


Hobi makan sate dan tongseng? Kenapa tidak mencoba bikin sendiri bersama suami? Percayalah memotong daging dan menyiapkan bumbu pasti jauh menyenangkan bersama suami, apalagi jika ada anak-anak. Acara bakar sate jadi seru dan makin rame. 

Sebenarnya masih ada menu-menu masakan yang bisa dimasak bareng suami bersama istri. Bisa juga mengambil resep makanan favorit keluarga. Tak perlu khawatir dengan rasa, karena Kecap ABC bisa menambah cita rasa masakan kalian jadi lebih lezat. Apalagi jika menunya yang telah disebutkan di atas. 

Rangkaian Kegiatan Kampanye #SuamiIstriMasak Kecap ABC 

Suami istri masak
IG Kecap ABC


Pada tahun 2018, Kecap ABC mulai berinisiatif menggelar kampanye #SuamiIstriMasak untuk mendukung kolaborasi antara suami istri memasak di dapur. Dan di tahun 2019, inisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. 

Kampanye terus berlanjut di tahun 2020 dengan mengajak anak-anak turut melakukan hal serupa melalui platform edukasi. Kampanye ini bertujuan mengajak para suami membantu para istri menyiapkan masakan di dapur. 

Nah, di tahun 2021, Kecap ABC berkolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk mengajak semua pasangan suami istri di Indonesia memasak bareng di dapur. Mereka menekankan bahwa kolaborasi antara suami istri dapat memberikan dampak positif dalam hubungan. 

Kecap ABC juga membuat kolaborasi suami istri di dapur dari hal yang tak mungkin menjadi mungkin. Kampanye #SuamiIstriMasak ini mengundang suami dan istri untuk turut serta dalam gerakan ini. Yuk, kalian mau coba ajak pasanganmu (suami/istri) untuk masak bareng dan dapatkan hubunganmu menjadi lebih romantis. 

Kini romantisnya pasangan suami istri memasak bersama di dapur tak lagi impian tapi bisa diwujudkan berkat adanya kampanye dan dukungan dari Kecap ABC. Dengan Kecap ABC makanan jadi lebih kaya rasa dan disukai oleh semua anggota keluarga. 


0 Komentar